Cara Membudidayakan 3 Tanaman Hias Stek Batang

Stek atau setek merupakan salah satu metode untuk memperbanyak tanaman dengan menggunakan potongan dari tanaman tersebut, baik berupa akar, batang, dan daun. Stek dapat dilakukan karena adanya sifat totipotensi pada setiap bagian tanaman yang membuat suatu sel dapat membelah dan menjadi sel lain. Terdapat tiga jenis stek, yaitu stek batang, stek daun, dan stek akar.

Stek batang merupakan metode stek yang paling umum dan sering dilakukan. Stek batang dilakukan dengan cara memotong bagian batang dari tumbuhan untuk kemudian ditanam menjadi tumbuhan yang baru. Pemotongan batang dilakukan secara miring dan umumnya pada tanaman pendek dilakukan berjarak satu ruas jari dari pucuk. Sedangkan untuk tanaman tinggi, berjarak satu lengan dari pucuk tanaman tersebut.

Stek batang pada umumnya dapat dilakukan pada macam – macam tanaman. Baik yang berkayu keras, setengah keras, lunak, dan tanaman herbal atau rempah – rempah. Sehingga stek batang pun dapat dilakukan pada tanaman hias yang ditanam di halaman rumah anda. Berikut ini adalah beberapa tanaman hias stek batang yang dapat anda tanam di halaman rumah anda:

1. Rosemary

Selain karena aroma wanginya yang khas, rosemary dapat dijadikan tanaman hias karena bentuknya yang cantik. Tanaman hias berupa tumbuhan rempah – rempah ini seringkali menjadi bumbu masakan atau terkadang menjadi hiasan akhir / garnishpada masakan.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Rosmarinus officinalis ini, merupakan tanaman yang dapat diperbanyak menggunakan metode stek batang. Anda tidak usah repot – repot membelinya lagi di pasar atau supermarket karena teknik stek batang pada rosemary ini terbilang cukup mudah. Berikut ini adalah cara stek batang pada rosemary:

  1. Pilihlah rosemary berumur tua yang batangnya kuat, kemudian potong kurang lebih 10 cm.
  2. Hilangkan daun pada batang rosemary, namun sisakan kurang lebih 4 cm dari bagian pucuknya.
  3. Rendam batang yang sudah dihilangkan daunnya tersebut kurang lebih 10 menit.
  4. Kemudian masukkan batang tadi ke dalam pot yang berisi pasir dan lumut gambut (2:1).
  5. Simpan pada daerah yang terkena matahari namun tidak secara langsung.
  6. Siram rosemary secukupnya setiap hari, tunggulah kurang lebih 20 hari hingga rosemary tumbuh.

2. Bunga terompet

Bunga terompet merupakan bunga yang memiliki bentuk panjang seperti terompet yang menjuntai ke bawah. Bunga yang memiliki warna beragam ini, merupakan tanaman hias yang dapat distek batang. Berikut ini adalah cara stek batang pada bunga terompet:

  1. Potonglah batang bunga terompet yang sudah tua sepanjang kurang lebih 30 cm.
  2. Rendamlah setengah batang tadi menggunakan air.
  3. Tunggulah selama dua minggu, kemudian akan muncul calon akar atau kalus pada bagian yang terendam.
  4. Tunggulah hingga empat minggu dan pindahkan bunga terompet ke tanah atau pot yang telah disiapkan.

3. Bunga mawar

Bunga selanjutnya yang dapat distek batang adalah bunga mawar. Tanaman hias berikut ini adalah tanaman dengan macam spesies lebih dari 100 dengan warna berbeda – beda, mulai dari kuning, merah, merah muda, putih, dan sebagainya. Cara stek batang pada mawar dapat dibilang cukup mudah. Berikut ini adalah tahapan cara stek batang pada bunga mawar:

  1. Potonglah kurang lebih satu jengkal batang mawar yang sudah tua (duri berwarna lebih gelap dari pada batangnya).
  2. Tancapkan batang tersebut pada polybag berukuran 20 hingga 30 cm yang telah diisi oleh campuran gabah dan pupuk kendang.
  3. Letakkan polybag pada ruang terbuka yang terkena sinar matahari langsung.
  4. Siramlah bunga mawar satu kali sehari lalu bunga mawar akan tumbuh dengan cantik selama kurang lebih satu hingga dua minggu.

Baca artikel tanaman selanjutnya yang ditulis pada website TaniMuda.com dengan judul Ciri ciri bayam

Tags: