Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dengan Masker Alami

Pernah atau sedang mengalami yang namanya kulit wajah berminyak? Tenang, kondisi ini sangat wajar dan normal terjadi. Perlu diketahui, kulit memang melakukan produksi minyak secara alami agar kulit wajah tidak mengalami kekeringan dalam waktu lama. Selain itu kelenjar minyak juga berfungsi untuk mengurangi risiko penuaan dini.

Ya, memang betul itu adalah manfaat minyak pada wajah apabila produksi minyak masih dalam keadaan normal. Beda halnya jika minyak pada kulit wajah terlalu banyak, justru mengakibatkan timbulnya masalah baru pada wajah seperti penyumbatan pori-pori, wajah mudah kusam, rentan timbulnya jerawat dan komedo, muka mengkilap bahkan make uppun akan mudah luntur alias tidak awet. Karena itulah kita perlu mengtahui bagaimana cara mengatasi wajah berminyak ini.

Beberapa Penyebab Wajah Berminyak

  1. Faktor Keturunan

Apakah anggota keluarga Anda dominan wajahnya berminyak? Jika iya, maka tak usah heran, bisa jadi penyebab minyak berlebih di wajah Anda adalah faktor keturunan.

  1. Keseringan konsumsi makanan berlemak

Sudah bukan rahasia lagi, kalau banyak atau sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi itu tak hanya buruk untuk kondisi tubuh, tetapi juga mempengaruhi kesehatan kulit wajah Anda. Yakni wajah mudah berminyak.

  1. Hormon yang tidak seimbang

Hormon yang tidak seimbang, juga bisa menjadi pemicu kulit wajah Anda berminyak lebih. Situasi seperti ini biasanya terjadi pada orang yang sedang mengalami masa-masa pubertas atau pun sedang hamil.

  1. Stress yang berlebihan

Tak hanya memicu seseorang menjadi depresi, stres juga bisa membuat kulit wajah Anda memproduksi minyak lebih. Hal ini merupakan salah satu bentuk respon alami tubuh terhadap stres.

  1. Salah pilih produk kecantikan

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, produk kecantikan si A belum tentu cocok untuk si B. Nah, jadi jangan sampai salah pilih produk kecantikan, sebab bukan tidak mungkin bisa membuat wajah Anda berjerawat, berminyak dan sebagainya. Sebaiknya Anda kenali dulu jenis kulit Anda, dan jangan asal pilih produk-produk kecantikan. Sebelum membeli, cek re-cek dulu kandungan di dalamnya dan apakah sudah terdaftar di BPOM.

  1. Tidur Larut Malam

Ketika kulit wajah Anda berminyak dari yang biasanya kering atau normal, coba deh diingat lagi apakah beberapa hari ini Anda sering begadang hingga tidur larut malam. Jika iya, segera dihilangkan kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya tidur terlalu malam juga termasuk salah satu penyebab timbulnya minyak di wajah. Pastikan jaga pola tidur Anda.

  1. Cuaca panas

Pergantian cuaca yang menyebabkan suhu meningkat akan membuat kulit memproduksi minyak secara berlebih untuk menjaga kelembabannya.

Inilah Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dengan Masker Alami

Untuk mengatasi minyak berlebih di wajah, sebanarnya Anda bisa mengelap dengan tisu, mengusapnya dengan tangan, bisa juga cuci muka menggunakan facial foam. Tapi cara itu tidak akan bertahan lama, minyak berlebih di wajah akan kembali menghantui Anda.

Cara lainnya adalah, Anda bisa pergi ke salon kecantikan untuk perawatan. Harganya pun beragam. Namun jika Anda ingin yang murah dan tanpa efek samping, maka Anda bisa memakai bahan-bahan alami yang Anda olah menjadi masker wajah.

Namun sebelum mencoba cara alami ini, pastikan kulit wajah Anda tidak alergi terhadap bahan tersebut. Berikut adalah bahan alami yang bisa Anda gunakan:

  1. Putih Telur

Memanfaatkan putih telur untuk perawatan wajah sudah bukan rahasia lagi. Putih telur yang diolah jadi masker mampu mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo dan menekan produksi minyak berlebih di wajah tanpa membuatnya kering.

Caranya:

  • Siapkan 1 butir telur ayam kampung, lalu pecah dan ambil putihnya saja. Masukkan dalam wadah.
  • Kocok pelan putih telur hingga agak berbuih.
  • Oleskan merata pada kulit wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas wajah sampai bersih.
  • Untuk hasil optimal, lakukan 3 kali dalam seminggu.
  1. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya memang lebih terkenal untuk menyburkan rambut dan mengatasi ketomboe. Namun faktanya, aloe vera ini juga efektif untuk perawatan kecantikan lainnya. Kandungan aloesin pada lidah buaya mampu menghambat melanin yang dapat menjadikan kulit lebih gelap, mengecilkan pori-pori wajah dan menyerap minyak berlebih di wajah.

Caranya:

  • Ambil setangkai lidah buaya berukuran sedang, lalu kupas dan ambil gel-nya.
  • Sebelum diaplikasikan pada wajah, bersihkan dulu wajah Anda dengan air hangat.
  • Selanjutnya, oleskan masker gel lidah buaya secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas bersih degan air dingin.
  1. Tomat

Masker tomat bisa Anda andalkan untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak secara alami. Tak hanya itu, nutrisi di dalamnya juga bagus untuk mencerahkan kulit dan membantu menghilangkan flek hitam di wajah.

Caranya:

  • Siapkan buah tomat segar ukuran sedang, haluskan menggunakan blender atau bisa juga diparut.
  • Sebelum masker dioleskan, bersihkan terlebih dahulu wajah.
  • Oleskan merata masker tomat, dan diamkan selama sekitar 30 menitan
  • Bila bersih dengan air dingin.
  • Lakukan perawatan ini minimal 2 kali seminggu.
  1. Mentimun

Seperti yang kita ketahui, mentimun atau timun merupakan buah yang segar dan mengandung banyak air di dalamnya. Timun kaya akan mineral,  mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakterial. Timun yang diolah jadi masker wajah akan berperan sebagai pelembab alami sehingga kulit terhindar dari kekeringan dan mengkilap alias berminyak lebih, juga baik untuk mengatasi jerawat dan menghaluskan kulit.

Caranya:

  • Siapkan 1 buah timun segar yang sudah dicuci, lalu haluskan menggunakan blender (timun bisa dikupas, bisa juga tidak).
  • Setelah halus, diamkan beberapa menit dalam kulkas.
  • Wajah Anda yang sudah dibersihkan, siap diolesi masker mentimun secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit, agar merasap sempurna.
  • Bilas bersih dengan air dingin.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan masker alami. Pilih salah satu saja kemudian terapakan secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu selama 1 bulan. Imbangi dengan perilaku hidup sehat agar hasilnya memuaskan.

Tags: